Building Transparency Design at Sky Deck Chicago Building Transparency Design at Sky Deck Chicago | Belajar Teknik Sipil, Jasa Perencanaan Konstruksi Bangunan | Jasa Perencanaan Konstruksi Struktur Bangunan Rumah Perumahan

Building Transparency Design at Sky Deck Chicago

Manusia cenderung ingin hidup tanpa batasan, artinya hidup menyatu dengan alam. Walaupun terpaksa harus tinggal dalam ruangan tertutup, untuk melindungi dirinya dari serangan alam, perkembangan arsitektur membuktikan bahwa manusia terus mencari material untuk Skin bangunan yang dapat memuaskan nalurinya. Bangunan tersebut merupakan karya Arsitek terkenal Skidmore, Owings and Merrill (SOM), dengan structue engineer nya adalah Fazlur Khan yang terkenal dalam konstruksi high rise building.

Artikel di bawah ini secara spektakuler memperlihatkan fantasi manusia untuk “hidup melayang layang “. Salah satunya adalah dengan desain Gedung Sky Deck 110 lantai  di Chicago yang merupakan bangunan ke-8 tertinggi di dunia (1,450 feet). Pada lantai ke 103, gedung tersebut di desain transparan dengan kaca. Struktur tersebut dikombinasikan dengan kabel dan baja. Struktur kaca lebih ringan daripada penggunaan bata konvensional atau dinding beton, sehingga beban gempa pada struktur juga lebih kecil.

Gambar 1. Gedung Sky Deck (Chicago) yang Didesain Transparan pada Lantai ke 103

Kotak kaca pada gedung memanjang keluar selebar 4,3 meter di lantai ke-103. Pada hari yang cerah, Anda dapat melihat lebih dari 50 mil di setiap arah dan melihat 4 negara. Dengan kaca di lantai, langit-langit, dan semua sisi, itu benar-benar, pengalaman yang tak terlupakan. menyediakan pemandangan yang tidak pernah dilihat sebelumnya. Dibuka pada 1974, Skydeck menarik lebih dari 1,3 juta pengunjung setiap tahunnya.

Gambar 2. Kotak Kaca Selebar 4,3 meter pada Lantai ke 103, Memanjakan Pengunjung dengan Pemandangan yang Luar Biasa

Gambar 3. Kotak Kaca Selebar 4,3 meter pada Lantai ke 103, Memanjakan Pengunjung dengan Pemandangan yang Luar Biasa

Takjub dengan sistem konstruksinya...? Teknologi Glass sebagai material struktur pengganti beton ataupun baja, sudah banyak diteliti. Jadi tidak lama lagi penggunaan kaca sebagai struktur lantai ataupun atap bukanlah hal yang tidak mungkin.

Gambar 4. Konstruksi Glass Technology yang diaplikasikan di Sky Deck 

Gambar 5. Anak yang Terpukau dengan Pemandangan Kota yang Menabjubkan

Gambar 6. Anak- anak yang Terpukau dengan Pemandangan Kota yang Menabjubkan

Gambar 7. Anak yang Terpukau dengan Pemandangan Kota yang Menabjubkan

Gambar 8. Anak Perempuan yang Merasakan Tidur di Atas Awan. Hhehehehehe

Luar biasa kan... kapan- kapan liburan kesana deh ajak keluarga. Hehehehehehe..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Free Backlinks