Struktur Baja Menara Eiffel

Menara Eiffel yang masuk kedalam 7 keajaiban dunia ini dalam bahasa Perancis disebut juga Tour Eiffel, yang merupakan sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia. Lebih dari 200.000.000 orang telah mengunjungi menara ini sejak pembangunannya tahun 1889. Pengerjaan proyek tersebut dipemimpin oleh: Gustave Eiffel. Itulah mengapa Menara tersebut diberi nama Menara Eiffel, untuk mengenang jasa sang Structural Engineer nya. Gustave Eiffel dibantu oleh para insinyur Maurice Koechlin dan Emile Nouguier, serta Stephen Sauvestre sebagai arsitek.

Rencana proyek dimulai pada tahun 1884. Karena banyak mengalami hambatan, pembanguan menara baru dimulai tahun 1887 dan selesai 26 bulan kemudian pada tahun 1889. Menara ini akan rencana akan dirobohkan setelah berlangsungnya pekan Pameran Dunia 1900. Akan tetapi, percobaan berhasil dari transmisi radio yang dikendalikan oleh Angkatan Bersenjata Perancis sebelum hari pemugaran akhirnya menyelamatkan Menara Eiffel.


Berikut adalah spesifikasi dari Menara Eiffel :

  • Bahan yang digunakan untuk konstruksi ini adalah : Besi baja dikaitkan dalam bentuk persilangan dari 18.038 biji yang diperkuat dengan 2.500.000 paku. Kerangka dari karya Gustave Eiffel ini tahan angin dan walaupun bahannya dari besi dan berat menaranya 7.300 ton.
  • Tinggi : dari tanah sampai tiang bendera, tingginya 312.27 meter pada tahun 1889, sekarang 324 meter dengan antenanya. Saat ini, berbagai perusahaan televisi Perancis memasang antena mereka di puncak Menara Eiffel.
  • Penerangan : "Gadis Besi" ini diterangi dengan 352 projektor 1.000 watts dan berkedip setiap sengah jam pada malam hari dengan 20.000 bola lampu dan 800 lampu disko. 
  • Jumlah tangga : 1.665 tangga bagi pengunjung yang senang olah raga. Ada 2 buah lift yang naik ke tingkat dua dimana bisa ditemukan berbagai toko suvenir.
Menara tersebut dimiliki oleh Pemerintah Daerah Paris dan dikelola oleh perusahaan swasta, "Société Nouvelle de l'Exploitation de la Tour Eiffel", kerangka besi ini direnovasi setiap 7 tahun sekali dan dicat dengan 50 ton cat. Renovasinya digarap olah pekerja yang manguasai olah raga alpinis dan akrobatis. Supaya membuat menara kelihatannya lebih hidup, 4 lampu laser xenon yang berkekuatan 6.000 watts berputar secara permanen di puncak menara.

Berikut adalah Gambar Rencana Pengerjaan Proyek Menara Eifel yang masih digambar secara manual (kiriman dari teman saya) :

RENCANA PROYEK MENARA EIFFEL 1-5 :

Gambar 1. Tampak Menara dari Samping

Gambar 2. Detail Pondasi yang akan Digunakan

Gambar 3. Detail Base Plate dan Sambungan

Gambar 4. Potongan Melintang

 Gambar 5. Detail Bracing dan Sambungan

RENCANA PROYEK MENARA EIFFEL 6- 10 : 

 Gambar 6. Detail Busur Melingkar dan Sambungan 

Gambar 7. Tampak Atas 

Gambar 8. Detail Tampak Samping

Gambar 9. Detail Menara Atas

Gambar 10. Detail Profil yang Digunakan

FOTO SAAT PENGERJAAN PROYEK BERLANGSUNG (11- 15) :

Gambar 11. Pekerjaan Galian untuk Pondasi
 Gambar 12. Pekerjaan Pondasi

 
Gambar 13. Ereksi Struktur Baja
Gambar 14. Ereksi Struktur Baja
Gambar 15. Detail Sambungan untuk Struktur Atas

FOTO PENGERJAAN PROYEK BERLANGSUNG (16- 20) :

Gambar 16. Menara Eiffel 20%

 Gambar 17. Menara Eiffel 40%

Gambar 18. Menara Eiffel 60%
Gambar 19. Menara Eiffel 80%
Gambar 20. Menara Eiffel 100%

Peralatan untuk metode konstruksi yang digunaan pun masih sangat sederhana, pada waktu itu belum memakai Tower Crane. Terlebih lagi perhitungan strukturnya yang masih dilakukan dengan manual, karena pada waktu itu belum ada software analisa struktur seperti SAP dan ETABS. Wajar kan... Jika menjadi 7 Keajaiban Dunia. Maka, sungguh beruntunglah para Engineer yang dilahirkan sekarang, dimana telah banyak alat bantu dan teknologi yang memudahkan kita untuk menganalis dan menghitung struktur bangunan.

Nah, berikut ada hadiah dari Kami berupa Spreadsheet Excell Perhitungan Struktur Baja. Silahkan di download, GRATIS kok, tenang ajaaa.... Hehehehe
Spreadsheet Excell Perhitungan Kuda- kuda Baja Ringan :


    Semoga Bermanfaat...
    Free Backlinks