Seberapa Besar Keuntungan Kontraktor..?

Sering kali kita dengar teman- teman atau sahabat kita yang berkata : “Wah, dah jadi kontraktor nih..!!” Kaya dong sekaraaang…” Nah, apa memang benar demikian…? Apakah gaji kontraktor itu memang sebesar itu..? Nah, sekarang coba kita bahas…. 

Fakta yang akan diberikan adalah data rasio profitabilitas operational margin dan ROE (Return On Equity). Sebenarnya masih ada beberapa rasio profitabilitas yang lain, tapi  2 rasio itu dianggap cukup mewakili. ROE diambil karena ROE adalah indikator utama rasio profitabilitas. Maksudnya jika ROE baik maka rasio yang lain juga baik. ROE adalah tingkat pengembalian dari bisnis atas seluruh modal yang ada. Rumus ROE = Laba bersih / Total Ekuitas (modal). ROE merupakan salah satu indikator yang digunakan pemegang saham untuk mengukur keberhasilan bisnis yang dijalani.


Jika Kami bagi sample nya dalam 3 kategori pelaku utama proyek, yaitu : Kontraktor, Developer (Owner), dan Supplier/ Produsen. Khusus konsultan perencana atau Manajemen Konstruksi (MK) tidak Kami tampilkan, karena omset mereka kecil dan hampir tidak ada yang listing di bursa saham. Maklum, data- data ini diambil dari laporan keuangan salah satu broker di BEI (Bursa Efek Indonesia)

Tidak ada metode statistik apapun yang dipakai selain rata- rata / average. Simpel aja, tinggal lihat data berbicara. Sample yang diambil pun tidak banyak, hanya beberapa yang mudah-mudahan mewakili. Nanti akan Kami bandingkan unsur rasio profitabilitas dengan data tingkat risiko yang mereka hadapi dalam menjalankan bisnis mereka. Kita lihat saja korelasinya. (Data dalam prosentase)


Berdasarkan data- data di atas, dapat disimpulkan beberapa fakta berikut:
  1. Rata-rata operational margin, tertinggi adalah Developer dan terendah Kontraktor.
  2. Rata- rata ROE, tertinggi kontraktor dan terendah Developer.
  3. Operasional margin tertinggi adalah supplier semen, disusul depelover dan yang terendah adalah kontraktor swasta, supplier kabel, dan kontraktor BUMN.
  4. ROE tertinggi adalah produsen semen lalu supplier sanitair merk TOTO. Sedangkan ROE terendah adalah Produsen Aluminium merk INDAL, supplier keramik, dan Developer.
  5. Perusahaan paling stabil dan tinggi dalam meraih keuntungan adalah perusahaan  produsen semen dan supplier sanitair merk TOTO.
  6. Perusahaan yang tetap memberikan keuntungan cukup pada masa krisis keuangan global 2008 adalah Kontraktor BUMN, Supplier semen, supplier besi rakitan Lionmesh, Supplier sanitair merk TOTO, dan supplier kaca merk Asahimas.
  7. Perusahaan paling terpuruk selama masa krisis keuangan global adalah supplier kabel, supplier aluminium, supplier keramik, dan kontraktor swasta.
Secara operational keuntungan kontraktor itu kecil. Hal ini mungkin disebabkan oleh banyaknya risiko yang terjadi pada kontraktor.  Penyebab lainnya yang mungkin adalah tingkat kompetisi yang begitu ketat. ROE lebih tinggi mungkin karena kontraktor tidak memerlukan modal yang cukup besar dalam menjalankan usahanya. Adanya uang muka dalam proyek menyebabkan tidak diperlukannya modal yang besar. Lebih tingginya rasio ROE juga bisa disebabkan adanya penghasilan lain- lain kontraktor tersebut. Walaupun lebih tinggi dari operational margin, namun ROE kontraktor masih di bawah rata-rata produsen.

Kontraktor BUMN umumnya sudah mencadangkan biaya risiko (risk contigency) sekitar 2-5% tergantung dari analisis risikonya di luar keuntungan. Sehingga jika tidak ada risiko yang terjadi di luar dugaan atau risiko terkendali dengan baik, maka rencana keuntungannya relatif terjaga dikisaran 5-10%. Jika ada risiko tinggi yang terjadi, maka rencana keuntungan akan menurun bahkan merugi. Untuk kontraktor swasta, apalagi menengah ke bawah kemungkinan tidak mencadangkan. Sehingga ketika terjadi risiko tinggi  yang tak terkendali, kontraktor itu umumnya merugi dan rasio profitabilitas turun.

Developer mendapatkan keuntungan operational tinggi (dilihat dari operasional margin) ternyata memiliki ROE yang rendah. Hal ini mungkin disebabkan  oleh beberapa sebab:
  1. Beban bunga bank yang cukup tinggi.
  2. Modal awal yang besar.
  3. Biaya lain-lain yang besar.
Kebanyakan supplier / produsen profitnya cenderung stabil dan cukup tinggi. Hal ini bisa jadi karena mereka nyaris tidak tersentuh oleh risiko pelaksanaan proyek. Pesanan sudah standard atau sudah ada gambar yang jelas. Kecil kemungkinan salah produksi. Kecuali mungkin untuk produsen keramik dimana tingkat kegagalan produksi agak tinggi dan barang mereka agak rawan pecah atau cacat. Di samping bahwa mereka kadang- kadang memproduksi type keramik yang belum tentu laku di pasaran. Barangkali itu yang membuat profitabilitas mereka kurang baik / tidak stabil. Beda dengan semen yang tidak mungkin tidak terpakai kecuali proses handling tidak baik sehingga semen mengeras.

Ada satu pertanyaan yang belum terjawab. Kenapa produsen semen dan produsen TOTO menghasilkan keuntungan yang cukup tinggi? saya cuma asal jawab aja bahwa produsen semen itu ada unsur Kartel. Ingat bahwa semen selalu langka pada akhir dan awal tahun, akibatnya harga melonjak tinggi. Lalu TOTO itu karena produknya bagus, dan belum ada kompetitor yang kuat bagi TOTO. Hampir semua spesifikasi perencanaan gedung menggunakan TOTO. Yah, agak monopoli harga (walau discount sampai 55%) tapi tidak 100% monopoli karena mereka memang menguasai pasar.

Kami akan sampaikan suatu hasil penelitian yang memetakan tingkat risiko yang dipikul oleh pelaku proyek yang dihubungkan dengan tingkat kreatifitasnya.
Umumnya konsultan memiliki risiko yang rendah kecuali konsultan arsitek. Ini kalau di luar negri lhoo…Kemudian kontraktor / subkontraktor M/E di level medium risk. Developer, kontraktor, dan Arsitek memiliki risiko yang tinggi. Saya rasa antara hasil penelitian dan kenyataan di lapangan sudah sesuai. Memang ternyata kontraktor itu tidak untung gede karena risiko yang tinggi dan minim ide kreatifitas.

Jadi, Apakah Anda masih beranggapan kontraktor itu untungnya banyak? masih ingin mempertahankan opini Anda atau malah tertarik mau jadi supplier / produsen semen atau sanitair yang untung banyak dan anti krisis keuangan? hehehe…

Sumber : proyekita.com

4 komentar:

  1. Wah makasih nih udah berbagi. Saya banyak dapat ilmu dari blog ini. Terus berbagi ya bro. Salam sesama tukang bangunan.

    BalasHapus
  2. hahaha ini dipelajari di MRK pas kuliah, ternyata berkaitan dgn ini, tq bos

    BalasHapus
  3. Urusan Guarante Bank & Surety Bond Kami Ahlinya .... !!!!
    Dimana Kami Bekerja Secara Profisinal Serta Dapat di Percaya, Proses Cepat, Tanpa Collateral Untuk Semua Jenis Jaminan, Tanpa buka rekening Dengan Harga Bersaing dan Siap di Adu.
    Dengan Itu Kami Menawarkan Diri Untuk Bekerjasama Dengan Perusahaan Bpk / Ibu dan Suatu Kehormatan Bagi Kami Apabila Terwujud Suatu Kerjasama Dengan Baik Nantinya
    Terlampir Surat Penawaran
    Yang Berisikan Princian Rate Serta Perusahaan Perbankkan / Asuransi Yang Kami Tawarkan Dengan Jelas..

    Best regards,
    ROBI DARWIS
    Div. Marketing

    Kami Juga Siap Membantu Jaminan Pembayaran Khusus Akhir Tahun...!

    PT. JASA MULIA ABADI
    Consultan Bank Garansi Dan Asuransi
    Jl. Harapan Mulia 4 No. 38, Harapan Mullia
    Kemayoran Jakarta Pusat
    Tlp. 0214260719 Fx.0214252048 Contac Hp. 0821 7533 3477


    BalasHapus
  4. Sudah lah untung kecil kalau untung, resiko rugi gede, kerja juga ga ada waktunya walah walah, emang kontraktor paling apes.

    BalasHapus

Free Backlinks

.