Pentingnya Kolom Praktis pada Bangunan Pentingnya Kolom Praktis pada Bangunan | Belajar Teknik Sipil, Jasa Perencanaan Konstruksi Bangunan | Jasa Perencanaan Konstruksi Struktur Bangunan Rumah Perumahan

Pentingnya Kolom Praktis pada Bangunan

Kolom Praktis Adalah
Pengertian kolom praktis, kolom praktis adalah, struktur kolom praktis, Kolom praktis bangunan, kolom praktis rumah 2 lantai, kolom praktis untuk bata ringan, kolom praktis dan kolom struktur, kolom praktis precast, kolom praktis hebel.

Kolom praktis adalah struktur kolom (biasanya dari beton) yang umunya dipasang pada dinding bangunan dengan jarak 3 - 4 meter yang berfungsi untuk perkuatan dinding agar lebih kokoh, stabil, tidak mengalami keretakan.

Ukuran atau dimensi dari kolom praktis pun biasanya disesuaikan dengan ketebalan dinding, sehingga struktur kolom praktis tidak terlihat bila dinding sudah di plester dan di cat, sehingga tidak mengganggu estetika.


Pemasangan kolom praktis
 Gambar 1. Skema Pemasangan Kolom Praktis pada Dinding Bangunan

 
Pengertian Kolom Praktis
  Gambar 2. Pemasangan Kolom Praktis pada Dinding Bangunan


Banyak kasus dimana tukang maupun pelaksana Konstruksi meremehkan penggunaan kolom praktis. Berikut adalah beberapa contoh kegagalan dinding bata akibat tidak diperkuat dengan kolom praktis.

Kegunaan Fungsi Kolom Praktis
 Gambar 3. Kegagalan Dinding Bangunan Akibat Tidak Ada Kolom Praktis

Kolom Praktis Rumah 2 Lantai
 Gambar 4. Kegagalan Dinding Bangunan Akibat Tidak Ada Kolom Praktis


Sudah seharusnya sebagai seorang Engineer kita harus lebih teliti dan berpikir panjang, penggunaan kolom praktis memang terlihat sepele, tapi akan berdampak besar jika Kita meremehkannya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Free Backlinks