Bekisting Plastik untuk Proyek Konstruksi

Kayu yang sering digunakan sebagai bekisting semakin sulit didapatkan dan area hutan sebagai bahan baku kayu pun semakin berkurang. Penebangan hutan dihadapkan pada permasalahan yang semakin hari semakin besar yaitu pemanasan global (Global Warming).

 Dalam dunia konstruksi di Indonesia, penggunaan bekisting kayu hampir belum ada penggantinya. Proyek konstruksi di Indonesia sepertinya masih sangat menggantungkan kayu sebagai material utama pembuatan bekisting. Ada alternatif dengan menggunakan material baja atau besi, namun penggunaannya masih terbatas karena material tersebut memiliki berat jenis yang tinggi sehingga menimbulkan masalah kesulitan pelaksanaan dalam aplikasinya.

Selama ratusan tahun negara kita merupakan penghasil bahan baku dari hutan yang besar. Bisa jadi merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Namun itu dulu… Sekarang dengan banyaknya penebangan hutan secara liar dan eksploitasi yang besar-besaran, hutan kita semakin menyusut sehingga saat ini kita mulai menghadapi kelangkaan kayu sebagai bahan bekisting dalam pengerjaan proyek konstruksi.Coba perhatikan saja banyaknya volume kayu yang dibutuhkan untuk bekisting dalam suatu proyek.

Gambar 1. Elemen- elemen Bekisting dalam Suatu Proyek Konstruksi (Klik gambar untuk memperbesar)

Itu baru penggunaan bekisting dalam 1 ruangan saja loh... Coba bayangkan berapa banyak kayu yang dibutuhkan untuk bekisting dalam proyek besar seperti di bawah ini...

Gambar 2. Keseluruhan Penggunaan Bekisting Kayu dalam Proyek Konstruksi

Berdasarkan pengalaman selama mengerjakan proyek, bekisting pekerjaan struktur beton telah menghabiskan begitu banyak kayu yang setelah digunakan, tidak dapat diolah kembali dan menjadi masalah baru yaitu sampah. Penggunaan kayu bekisting merupakan satu-satunya hal yang membuat pelaksanaan konstruksi masih belum bisa dikatakan ”green”. Penggunaan begitu banyak kayu telah membuat enviromental assesment pada perusahaan kontraktor yang telah mendapatkan sertifikasi ISO 14000 tidak begitu bagus. Masalah ini telah menjadi handycap yang harus diselesaikan.

Sudah saatnya kita mulai memikirkan alternatif lain selain kayu sebagai bahan bekisting. Beberapa tahun terakhir telah ada produk bekisting yang menggunakan bahan dasar plastik yang dikompositkan dengan bahan fiber glass. Bahan plastik yang dikompositkan dengan fiber glass tersebut memiliki kemampuan yang sama, bahkan lebih baik dari kayu untuk digunakan sebagai bekisting.

Banyak pabrik di luar negeri telah memproduksi sistem bekisting plastik ini secara massal. Bekisting plastik yang mereka buat dapat digunakan untuk elemen struktur pondasi, kolom, dinding dan pelat lantai. Hal ini berarti hampir semua elemen struktur beton dapat menggunakan sistem bekisting plastik yang mereka produksi. Beberapa perusahaan yang telah memasarkan produk sistem bekisting plastik / Plastic Formwork System antara lain:
  • Hangzhou Yongshun Plastic Industry.
  • EPIC ECO. 
  • Moladi.
Berikut ini adalah contoh aplikasi penggunaan bekisting plastik dalam beberapa proyek konstruksi :

 Gambar 3. Aplikasi Penggunaan Bekisting Plastik Untuk Sloof

 Gambar 3. Aplikasi Penggunaan Bekisting Plastik Untuk Pelat Lantai

Gambar 4. Aplikasi Penggunaan Bekisting Plastik Untuk Core Wall

Gambar 5. Aplikasi Penggunaan Bekisting Plastik Untuk Kolom

Material plastik untuk pengganti kayu pada bekisting merupakan ide yang brillian. Hal ini disebabkan karena plastik memiliki keunggulan yang lebih dari pada kayu disamping untuk kepentingan pelestarian lingkungan. Berikut ini adalah keunggulan bekisting plastik:
  1. Bebas kelembaban dan tidak mengalami perubahan dimensi atau bentuk.
  2. Pemasangan lebih mudah dan tanpa perlu minyak bekisting. 
  3. Mempercepat waktu pelaksanaan bekisting.
  4. Tidak berkarat.
  5. Tidak gampang rusak oleh air sehingga cocok untuk konstruksi bawah tanah dan lingkungan berair.
  6.  Efisien secara biaya.
  7.  Kualitas hasil yang lebih baik.
  8.  Gampang dipasang dan dilepas sehingga mengurangi biaya upah.
  9. Daya tahan lama, dapat digunakan 40-70 kali. Ada produk yang dapat digunakan hingga 1000 kali.
  10. Dapat dibor, dipaku, diketam, dan diproses seperti digerjaji.  
Terlihat bekisting plastik memiliki banyak keunggulan dibanding dengan bekisting kayu baik dari sisi mutu, biaya, dan waktu. Bagi Owner dan Perencana, bekisting plastik akan menurunkan biaya proyek. Sedangkan bagi kontraktor, bekisting plastik akan mempercepat pelaksanaan. Bagi Pemerintah dan Masyarakat luas, bekisting plastik akan mengurangi penggunaan kayu secara signifikan sehingga sangat membantu dalam pelestarian lingkungan.

----------------
NB :
Jika ingin mencopy Artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya. Kami menghargai Anda, sebagaimana Anda juga menghargai Kami. Terima kasih
Muhammad Miftakhur Riza

4 komentar:

  1. bos, saya sedang berencana untuk membuat riset perbandingan antara bekisting plastik dan bekisting kayu.
    masalahnya sangat sedikit info mengenai bekisting plastik yang saya dapat. nah..barang kali mungkin bos punya info mengenai bekisting plastik atau punya dasar-dasar teoritis mengenai bekisting plastik.mohon di share ya.. untuk bantu riset saya haha..
    oh iya bos, mw nanya juga ni.. sumber membuat artikel di atas dari mana ya? biar saya makin mengerti mengenai bekisting plastik ini :)

    makasi banyak atas bantuannya

    minimnya pengetahuan mengenai bekisting plastik membuat penggunaan bekisting ini di indonesia sangat rendah. padahal menurut blog yang saya pernah baca bekisting plastik sangat menguntungkan.

    BalasHapus
  2. Saran saya datang atau mengirim email saja ke perusahaan/ pabrik pembuatannya, Saya dapat info tentang bekisting plastik dari Seminar yg saya ikuti beberapa waktu lalu

    BalasHapus

  3. Kepada Yth,

    Perusahaan Exsport Import

    Dengan hormat,​​

    Kami Perusahaan Jasa Kepabeanan PPJK (Edy Systems) mengajukan jasa pengurusan import kepada perusahaan Bapak / Ibu Adapun Tarif Jasa sebagai berikut:

    I. Adapun System Pengurusan yang kami berikan sebagai berikut :

    Ex Work

    Customs Clearance

    All - In / Borongan

    Under Name (Consignee)

    Door To Door

    Port To Door

    Direct Freight

    Land Transportation

    Warehousing

    Warung EDI – PPJK

    Pengurusan Legalitas Import

    II. Lisensi Import,IT ELEKTRONIK,IT BESI/BAJA PWP,API-U

    S R P / N I K

    N P I K

    SIUJPT

    KUOTA BARANG BEKAS

    III. Jenis kendaran yang kami miliki :

    LOW BED

    SELF LOADER

    DOLY - DOLY

    TRAILLER

    COLD DIESEL

    FUSO

    Terima kasih atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan untuk kami.

    Best & Regards,

    JOEL WIJAYA

    Telemarketing

    Mobile : 081362720293/081316140002

    Phone : 0214372278

    Email : joel.dki.agi@gmail.com

    PT.DIRA KARYA INSANI LOGISTICS

    Jl. Edam II No, 21A Tanjung Priok, Jakarta, INDONESIA

    Company Reg in : Jakarta, INDONESIA

    Commercial Reg : 02.380.770.4-042.000

    Freight Forwarding, Project Logistics, Sea Freight, Air Freight, Third Party Logistics, Clearance, Warehousing, and Insurance

    BalasHapus
  4. saya menjual bekisting plastik dapat menghubungi saya di nikodemus.scorta@gmail.com

    BalasHapus

Free Backlinks

.